Makanan Manis Dikala Batuk

Review Bermanfaat - Batuk adalah hal yang sangat mengganggu. Saya terbilang sering terserang batuk. Biasanya batuk itu diawali dengan flu, saat kondisi tubuh tidak fit, batuk bisa bertahan lama(saya bisa batuk beberapa minggu). Biasanya dipicu oleh makanan atau minuman, kadang pemicunya adalah bau-bauan  yang keras. Kalau mencium bau yang keras apalagi berbahan dasar kimia itu serasa kemakan.
Beberapa waktu lalu di awal-awal kehamilan saya sempat batuk cukup lama, ditambah tubuh lebih sensitif dari biasanya, nyium apa saja terasa lebih kuat aromanya. Makanan yang masuk sangat sedikit, saya mencari alternatif makanan yang mengenyangkan namun tetap bisa menikmatinya.

Tutupi batukmu

Saya memilih makanan ini yang pertama kali saya kenal saat suami pulang Umrah. Ini adalah salah satu oleh-oleh suami waktu itu. Saya menyukainya karena dagingnya lembut, rasanya tidak terlalu manis, dan alhamdulillah di tenggorokan nyaman. Bahkan beberapa waktu lalu sebelum hamil saya juga sempat batuk dan kebetulan punya persediaan makanan ini, tiap kali merasa batuk saya coba makan 3 buah dan segelas air putih, alhamdulillah berasa lebih lega. Dari sini saya mulai rajin memakannya, rasanya enak dan yang paling saya suka adalah tidak terlalu manis. 

Yang baca mungkin sudah menebak ya, buah kurma, tapi kurma apa dulu nih? Saya pilih kurma Lulu. Kurma lainnya bagus juga kok, tapi favorit saya adalah kurma Lulu, tahu sendiri dong kurma favoritnya Nabi harganya lumayan mahal ya ^_^ 
Saya enjoy menikmati Kurma Lulu, saat awal kehamilan kurma Lulu ini menemani saya kemanapun pergi, karena saya rewel makan sampe usia kehamilan 5 bulan.

Baca juga: Camilan ini sehatkah?

Kurma Lulu berbentuk bulat berwarna cokelat tua, tidak banyak keriput di permukaannya. Kurma ini berasal dari Uni Emirat Arab. Lulu dalam bahasa Arab bisa diterjemahkan sebagai Mutiara. Wah bagus ya artinya, mutiaranya kurma dong ya.



Kurma secara umum mengandung berbagai macam nutrisi penting dan merupakan sumber potassium(Kalium) yang sangat bagus. Very good lhoo ya potassiumnya, ga cuma good.  Tubuh manusia membutuhkan minimal 100mg potassium perhari. Potassium berfungsi mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan aktifitas otot jantung dan otot lainnya. Asupan potassium yang tinggi mengurangi resiko kematian secara keseluruhan sebesar 20%. Apalagi manfaat potassium ini? ternyata juga mampu menurunkan resiko stroke, menurunkan tekanan darah, melindungi terhadap kehilangan massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, dan mengurangi pembentukan batu ginjal. Potassium juga penting untuk menjaga keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Nah.. banyak kan manfaatnya bagi tubuh.

Kurma Lulu

WHO merekomendasikan asupan potassium sebanyak 3.510mg perhari. Pada  jenis kurma yang saya konsumsi kandungan potassiumnya sekitar 667mg per 100gr kurma, bisa dikatakan setara 526.24 gram kurma baru bisa memenuhi asupan potassium ini. Hmm.. banyak juga ya.. Biar ga bosan mungkin bisa ditambah dari makanan lain. Selain itu kurma Lulu ini mengandung Fosfor 60mg, Kalsium 52mg dan Magnesium sebesar 50mg per 100gr kurma. Semua itu mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Pada umumnya kurma sendiri mengandung kira-kira 75% karbohidrat, 21% air dan 2% protein. Kurma Lulu yang saya beli pada kemasannya menyebutkan bahwa kurma ini mengandung 80% karbohidrat dan  2.8% protein. Darimana sih karbohidrat kurma merasal? Karbohidrat kurma terdiri dari gula, pati dan serat. Sebagian besar karbohidrat dalam kurma berasal dari gula. Gula kurma berbentuk glukosa dan fruktosa, serta sebagian kecilnya adalah sukrosa dan maltosa, ini adalah jenis karbohidrat yang cepat dicerna tubuh menjadi energi. Pati merupakan gabungan beberapa molekul gula, karbohidrat ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibanding gula untuk dirubah menjadi energi. Karbohidrat dalam kurma mengandung kira-kira 2% pati. Sementara Serat adalah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat pada kurma adalah serat yang tidak larut, membuat tinja menjadi lembut sehingga mampu menurunkan resiko masalah pencernaan seperti sembelit. Terdapat kira-kira 9% serat dalam karbohidrat kurma.

Karbohidratnya tinggi ya, apa tidak meningkatkan gula darah? Penelitian menunjukkan indeks glikemiks(potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat dalam makanan) pada kurma lulu 53.5 ± 8.6 (53.5+8.6 atau 53.5-8.6). Indeks glikemiks ini cukup rendah, menunjukkan bahwa kurma Lulu aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Nah kan...Jadi tidak perlu takut makan kurma meski manis rasanya.


Kemasan Kurma Lulu


Terus harganya bagaimana? Harganya menurut saya cukup ramah kok di kantong, Saya membeli Kurma Lulu dengan kemasan dari Golden Dates seharga Rp. 60.000, diproduksi oleh CV Green Ghaza, Bekasi. Saya beli online di toko Radar Sunnah ID
Mau stok kurma Lulu juga di rumahmu? hayuukk segera diborong ^_^


Sumber:
https://en.wikipedia.org/wiki/Date_palm#Dates
https://www.medicalnewstoday.com/articles/287212.php
http://healthyeating.sfgate.com/kind-carbohydrates-dates-5592.html
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3112406/

Komentar

Posting Komentar