Deterjen Yang Menemaniku Puluhan Tahun

Review Bermanfaat - Entah kenapa dulu ibu memilih deterjen ini untuk dipakai sebagai pembersih pakaian di rumah. Meski harganya dulu terbilang mahal tapi ibu lebih memilih ini ketimbang deterjen lainnya. Air di rumah kami dulu keruh dan sedikit berbau, karena di belakang rumah dulunya rawa. Ayah membuat saringan air besar dari drum kaleng bekas. Saringan itu harus dibersihkan secara kontinyu, biasnaya saya bersaudara ikut membantu ayah membongkar saringan kalau sudah kotor. Pada awal pemakaian saringan, air akan masih terlihat berwarna. Karena itulah ibu memilih deterjen yang cocok untuk air yang tidak bening seperti di rumah dulu.


foto: bing.com
Aku masih ingat dulu di televisi seorang artis perempuan mengiklankan deterjen ini sambil mengocok-ngocok kemasannya bernyanyi "kering.. kering.. kering. kering...". Mungkin masih ada yang ingat dengan iklan ini? Deterjen yang kumaksud adalah AttackDeterjen ini dulu hanya ada varian bubuknya dalam kemasan plastik berbentuk kotak. Dalam beberapa tahun ibu terus menggunakan produk ini, meski sempat beberapa lama mengganti dengan deterjen lain, namun sekarang kembali beralih ke deterjen ini. Namun ibu masih setia dengan deterjen bubuk, meski menggunakan mesin cuci. Entah alasan apa yang terpikir oleh beliau.

Lain halnya denganku, aku memilih sabun cair Attack sejak 4 atau 5 tahun lalu. Menurutku sabun cair lebih praktis dan cocok untuk mesin cuci. Selain itu jika ada noda membandel bisa langsung dioleskan ke bagian yang diperlukan. Meski terkadang sebagai ibu aku juga tidak sempat memilah mana pakaian yang terkena noda parah dan tidak. Jika dari awal terjadinya terkena noda, dan pakaian cepat dioles serta sedikit dikucek   kemudian baru direndam bersama kain lain, insyaAllah nodanya bisa memudar. Namun jika pakaian yang terkena noda  langsung direndam bersama kain lainnya, maka noda ini jadi noda membandel, susah dihilangkan.

Foto kemasan Attack, dokumentasi pribadi
Attack adalah deterjen produksi Kao Corporation. PT. Kao Indonesia berdiri pada tahun 1985 yang merupakan perusahaan patungan antara Kao Corporation dan PT. Rodamas. Sudah tua juga ya Kao di Indonesia. Kao Corporation sendiri telah menciptakan lebih dari 20 merk terkemuka, dan sudah menjadi bagian hidup dari orang-orang di Asia, Oceania, Amerika Utara dan Eropa.

Attack diluncurkan Kao pada tahun 1987, saat itu diklaim bahwa pemakaian deterjen bisa hanya 1/4 dari penggunaan biasanya. Deterjen ini mendapat apresiasi yang tinggi dari konsumen. Saat itu bentukannya masih berupa deterjen bubuk.
Pada tahun 2009 diluncurkan sabun cuci larut Attack Neo. Pertama kali di dunia dengan 2.5 kali pengayaan Ultra, mewujudkan eco, dimulai dengan satu bilasan. Sepertinya Kao hendak memulai produk deterjen ramah lingkungan. Pada tahun 2010 diluncurkan deterjen cair hemat air Attack Instan Clean Liquid. Di berbagai bidang bisnis yang dijalankan Kao, mereka berkomitmen untuk menggunakan prinsip Yoki-Monozukuri (manufaktur yang baik), dimana setiap kepuasan konsumen dan pelanggan selalu dijaga. Saya rsa prinsip itu terserap dalam deterjen yang satu ini.

Deterjen ini panas ga sih di tangan? InsyaAllah enggak kok, kalau mau ngucek noda lengket ya tinggal dioles aja ke nodanya dan kucek sedikit, setelah itu rendam deh. Baunya gimana? asyik, baunya nyaman dan aman di hidung, wangi kok. Tapi ini ga wangi semerbak ya yang wanginya nyebar kemana-mana. Saya alergi terhadap bau, bau tajam biasanya membuat saya pilek. Mengenakan baju yang ada wangi tajam biasanya sangat mengganggu apalagi kalau seharian, bisa menimnbulkan sakit kepala. Jadi saya memilih deterjen ini karena baunya bersahabat, wanginya ga nyengat.

Deterjen ini tidak menghasilkan banyak busa, busanya sedikit, jadi jangan ditambahin terus ke cucian. Dan ga perlu banyak-banyak juga. Satu sampai 2 tutup botol (kebetulan saya sudah punya botolnya jadi belinya yang kemasan isi ulang deh) cukup untuk sekali cuci. Tergantung kapasitas mesin cuci ya.

Harganya bagaimana? mahal ga sih? Di beberapa toko ada yang berharga 18ribuan, ada 20ribuan juga, tergantung di mana lokasinya. Menurut saya harganya cukup hemat, banyak kebaikan yang bisa saya dapatkan dari deterjen ini, seperti yang saya jelaskna di atas baunya tidak menyengat, tidak panas di tangan, busanya tidak banyak, dan lain-lain.


Foto kemasan Attack, dokumentasi pribadi
Bunda belum pernah menggunakan deterjen ini? Dicoba aja yuk, siapa tahu malah jatuh cinta ^_^
Ngomong-ngomong apa sih bahan aktif deterjen ini? Bahannya Total Surfaktan. Mengenai apa itu Total Surfaktan saya tidak tahu persis. Sementara Surfaktan sendiri digunakan mulai dari deterjen, kosmetik, farmasi, tekstil bahkan dalam pembuatan es krim. Pada konsentrasi rendah, aplikasi surfaktan tidak memiliki pengaruhi yang signifikan terhadap mobilitas logam uji.

Siapapun saya rasa ingin menggunakan produk yang ramah lingkungan, namun tentu juga mempunyai fungsi yang tepat. Dalam hal ini deterjen Attack menggunakan Formula New 3D Clean Action:
- Noda hilang. Dengan Formula MaxPower lebih efektif angkat noda.
- Anti Kuman. Mencegah pertumbuhan kuman penyebab bau setelah pakaian dicuci.
- Anti Bau. Melindungi pakaian dari bau. Cegah bau keringat di pakaian sepanjang hari.


Salah satu kreasi saya di Neybers
Bagaimana bunda? tertarik menggunakannya? Sekian dulu ya pembahasan dari saya. Tunggu review lainnya ya bunda. Semoga bermanfaat.





sumber:
http:// www.kao.com
https://en.wikipedia.org/wiki/Surfactant
https://id.wikipedia.org/wiki/Surfaktan
https://www.solusiibuattack.com/

Komentar